buildify1b

Ada yang Baru, nih… #Buildify

Abad ke-21 adalah abad yang penuh krisis, begitu kata teman ngobrol malam mingguan gw kemarin. Karena kondisi krisis, justru konteks berarsitektur harusnya juga lebih lentur dan tanggap dengan keadaan dan kebutuhan. Ini yang membuat participatory design atau arsitektur komunitas terdengar relevan kembali. Kita harus berhenti bergantung pada kelompok 1% untuk mengelola sumber daya bagi kelompok 99%. Arsitektur harus mulai bisa beradaptasi dengan bahasa-bahasa awam dan terbuka dengan masukan.

Temen gw ini emang suka berat mikirnya, makanya udah mulai ubanan, walau umurnya masih dikit. Tapi dari sudut manapun, bagi gw pendapatnya terdengar berdasar. Keterhubungan, antara sumber daya, pelaku, dan permintaan, adalah kunci dimana sebuah sinergi baru yang lebih mandiri bisa terjadi. Ini yang mendorong Architecture in Development (AiD) sangat antusias dalam mendorong terbentuknya sebuah platform baru yang memungkinkan pertemuan ketiga elemen ini agar bisa terjadi secara asik.

Beberapa tahun terakhir, AiD telah membantu pertumbuhan gerakan-gerakan arsitektur komunitas di banyak negara dengan melibatkan lebih dari 40.000 profesional muda yang memang berdedikasi dalam bidang arsitektur komunitas.

Juni lalu, AiD meluncurkan kompetisi #Buildify yaitu sebuah platform global yang memungkinkan pendistribusian sumber daya dalam berbagai bentuk dan mengusahakan pertemuan dan kolaborasi antar elemen. Harapannya, arsitektur tidak hanya bergerak dari atas ke bawah, tapi juga bisa terbangun dari bawah keatas, dan benar-benar didorong oleh kebutuhan dan aspirasi oleh komunitas.

buildify-cycle
Siklus Buildify

#Buildify (baca: bildifai) tidak semata sebuah kompetisi, namun juga kesempatan untuk terhubung dengan para profesional, sumber daya, juga para innovator yang memungkinkan hadirnya karya yang tadinya terlihat mustahil menjadi mungkin. Insiatif komunitas yang tadinya hanya berdampak mikro, bisa jadi menjangkau komunitas-komunitas dan bahkan kelompok lain di belahan dunia yang lain. Ayo bantu inisiatif baik ini dengan mengajukan proyek yang menurut kalian memenuhi kriteria berikut:

  1. Merupakan kolaborasi tim yang terdiri dari lintas ilmu dan mengikut-sertakan wakil dari komunitas sebagai pihak yang berhak dan bertanggung jawab atas hak cipta proyek.
  2. Merupakan bentuk respon dari sebuah kebutuhan yang mendesak dalam komunitas tersebut.
  3. Mempunyai nilai arsitektur, kususnya dalam hal mewakili nilai dan identitas dari komunitas tersebut.
  4. Proyek mempunyai perspektif jangka panjang untuk pengembangan komunitas.
  5. Proyek mewakili sebuah model pengembangan yang sangat spesifik dengan konteks yang ada.
  6. Terdapat keterlibatan komunitas yang kuat di dalam tim.

Ini adalah upaya untuk mengubah wajah praktek arsitektur kita menjadi lebih terbuka, lebih partisipatif, juga tepat sasaran karena dilandasi oleh kebutuhan serta aspirasi dari komunitas. Sampai dengan 10 Agustus 2016*, #Buildify akan menjaring inisiatif-inisiatif dari arsitek komunitas yang memenuhi kriteria di atas. Lalu proyek-proyek yang masuk akan mendapat ulasan di AiD sebagai bentuk promosi dan penyebaran informasi mengenai proyek.

buildify_timeline
Linimasa Buildify

Pada bulan September, akan diadakan penjaringan untuk proyek-proyek yang menjadi finalis. Lalu, selama bulan Oktober hingga November, finalis akan melakukan kampanye untuk mengundang pihak-pihak yang dibutuhkan agar ikut terlibat lebih lanjut. Lalu, 9 bulan setelahnya, tim #Buildify berkomitmen untuk membantu proyek-proyek ini untuk bisa mendapatkan semua bantuan yang dibutuhkan untuk bisa diwujudkan.

Ayo, kapan lagi neh!!!

*) tenggat pemasukan #Buildify diperpanjang menjadi 20 Agustus 2016

submit or nominate a project now

Bagikan:

Vani

Penulis: Vani

Perempuan, dan suka hal-hal sederhana, tidak berbelit-belit. I may start it late, but I accelerate fast, begitu prinsipnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *